counters

Thursday, February 20, 2014

PIDATO

PERAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai,
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama-sama dalam seminar pemanfaatan globalisasi dalam dunia pendidikan.
Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak bermunculan teknologi-teknologi canggih yang tersebar rata di seluruh dunia. Semua Negara bahkan setiap individu bisa merasakannya. Contohnya dalam hal komunikasi, informasi, dan transportasi.
Tidak terbatas pada 3 contoh di atas, globalisasi pun berdampak sangat besar pada perkembangan pendidikan di dunia. Ini sangat jauh berbeda dengan proses pendidikan bertahun-tahun lalu sebelum internet maupun teknologi lainnya berkembang. Jika dulu seseorang harus pergi ke perpustakan untuk memperoleh ilmu tambahan, atauapun pergi ke toko buku hanya untuk membeli sebuah buku yang ingin dipelajari, maka sekarang semua itu hampir tidak perlu lagi, sebab semua bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media internet.
Hal nyata tentang pendidikan di era globalisasi telah dibuktikan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya adalah dengan menyediakan buku sekolah elektronik untuk para pelajar SD, SMP, maupun SMA. Buku sekolah elektronik atau sering di sebut BSE adalah buku cetak yang sengaja dibeli hak ciptanya oleh pemerintah agar bisa disebar luaskan secara gratis melalui media internet. Bisa kita bayangkan, untuk mendapatkan sebuah buku pelajaran, kini hanya tinggal download beberapa menit saja, tidak perlu membeli di toko buku ataupun pergi ke perpustakaan. Tapi sayang, fasilitas ini kurang bisa dimanfaatkan oleh pelajar di Indonesia.
Memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya sangat diperlukan demi perkembangan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itulah, siswa sangat diharapkan untuk lebih aktif lagi dalam belajar, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini sangatlah mudah untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan, semuanya sudah tersedia berkat kemajuan teknologi di era globalisasi.
Hadirin yang saya hormati, demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment